0 Getah Betik Bagus untuk Orang yang Sering Kentut


Kentut memang reaksi alami tubuh, tetapi bila terlalu sering melakukannya tentu boleh memalukan. Getah atau enzim dari buah betik dapat membantu mengurangi kentut yang dialami seseorang karena gangguan pencernaan.

Enzim betik disebut dengan papain. Papain yang sering digunakan untuk membantu sistem pencernaan secara alami, terbuat dari getak putih atau getah susu yang ditemukan pada buah betik muda dan batang betik.

Ilmuwan University of Pittsburgh Medical Center menjabarkan getah betik yang sudah diekstrak dan dikeringkan menjadi bubuk sering digunakan untuk membantu tubuh mencerna protein dan mengobati gangguan pencernaan termasuk sering kentut.

Papain juga memiliki efek modulasi pada sistem kekebalan tubuh dan antitumor atau bersifat antikanker. Papain bersifat sama seperti enzim yang terdapat pada pankreas manusia dan berfungsi untuk mencerna dan merangsang reaksi sel.

Oleh karena itu, seperti dilansir Livestrong, Kamis (3/2/2011), enzim betik dapat sangat membantu bagi orang yang tidak cukup memproduksi enzim pankreas, yang menyebabkan gejala gangguan pencernaan seperti perut kembung dan sering kentut.

Selain itu, papain juga memiliki efek menguntungkan bagi orang yang mengalami sakit kronis, alergik makanan dan penyakit autoimun.

University of Michigan Health System menuliskan orang yang menderita pankreatitis, alergil makanan, penyakit celiac, penyakit Crohn atau penyakit gastroesophageal reflux (GERD), boleh menggunakan papain untuk meringankannya.

Selain makan buah betik, papain atau enzim betik juga dapat diperoleh dengan mengekstrak getah betik dan mengeringkannya menjadi bubuk.

Namun pada beberapa orang tertentu, papain sering menimbulkan efek samping tertentu, seperti menyebabkan iritasi mulut, alergik, peradangan perut, kerongkongan atau usus.

Papain juga dapat berinteraksi negatif terhadap obat-obatan tertentu dan menimbulkan risiko kesehatan yang lebih serius bagi sebagian orang. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan papain bila Anda memiliki alergik atau sedang mengambil obat-obatan tertentu.

Biasanya orang yang tidak menggunakan getah betik yang sudah diekstrak akan mengambil getah yang ada di daun betik. Caranya dengan merebus dauh betik sehingga getahnya dapat ikut keluar dan rebusan airnya diminum ditambah sedikit garam.

 

kkawan blogspot 2013 Copyright © 2013 - |- Template created by PaksuTrubo - |- Powered by Blogger Templates